KUKANG, Primata yang Terlupakan

Istilah primata mungkin bukan hal yang baru di telinga masyarakat Indonesia. Setelah primata-primata besar lainnya seperti Orang Utan (Pongo pygmaeus) dan Owa Jawa (Hylobathes moloch) dinyatakan sebagai satwa yang terancam punah. Sementara itu, ada salah satu jenis primata yaitu Kukang (Nycticebus coucang) yang sedang menanti antrian menuju kepunahannya. Keterbatasan informasi mengenai kukang, yang menyebabkan satwa ini sedikit terlupakan. Tidak banyak pula literature yang diterbitkan sebagai hasil dari penelitian yang intensif.

Kukang kadang-kadang disebut pula malu-malu adalah jenis primata yang bergerak lambat. Warna rambutnya beragam, dari kelabu keputihan, kecoklatan, hingga kehitam-hitaman. Pada punggung terdapat garis coklat melintang dari belakang hingga dahi, lalu bercabang ke dasar telinga dan mata. Berat tubuh 0,375-0,9 kg, panjang tubuh dewasa 19-30 cm.

Di Ind onesia, satwa ini dapat ditemukan di Sumatra, Jawa dan Kalimantan. Satwa ini menjadi incaran untuk dijadikan hewan peliharaan.

Pengelompokan
Berasal dari Ordo Primate, kukang menempati Sub Ordo Prosimian dan Family Lorisidae. Terdapat sedikitnya tiga spesies di Asia, yaitu slow loris (Nycticebus coucang), pygmy loris (Nycticebus pygmaeus) dan slender loris (Loris tardigardus).

Empat sub spesies dari slow loris yang ada, antara lain Nycticebus coucang bengalensis yang terdapat di Assam, Myanmar, Thailand dan Indo-Cina. Secara morfologi, berukuran besar dengan berat ± 2000g dan berwarna cerah. Nycticebus coucang, tersebar di Malaysia, Sumatera, Thailand bagian Selatan, sebelah Utara Kepulauan Natuna. Berukuran lebih kecil daripada Nycticebus coucang bengalensis, berwarna coklat terang dengan bagian dahi yang lebih gelap. Ketiga, Nycticebus coucang menagensis yang dapat dijumpai di daerah Borneo, Bangka dengan ukuran tubuh relative lebih kecil jika dibandingkan dengan Nycticebus coucang coucang. Terakhir, Nycticebus coucang javanicus, sesuai dengan namanya penyebarannya di Pulau Jawa. Ukuran tubuhnya lebih besar daripada sub spesies lainnya, dengan corak yang tebal pada bagian dorsal (punggung) yang menjadikan perbedaan yang cukup mencolok.

Di Indonesia belum ditemui adanya skema pasti mengenai keberadaan dan distribusi satwa ini. Penduduk lokal bahkan kerap kali keliru menganalogikannya dengan kus-kus. Hal ini dikarenakan keterbatasan dalam penyampaian informasi.

Perilaku
Seperti yang telah dikemukakan di atas, sedikit sekali penelitian khususnya mengenai perilaku kukang di habitat alaminya. Kecenderungan sebagai primata nocturnal (aktif malam hari) dan arboreal (berada di atas pohon) yang membuat mereka sebagai objek yang cukup sulit untuk diteliti.

Kukang terkenal dengan kehidupan malamnya (nocturnal) dan memakan beberapa buah-buahan dan sayuran, juga beberapa insecta, ma- mmalia kecil dan bahkan burung. Umumnya mereka meraih makanan de- ngan salah satu tangan lalu memasukkannya ke dalam mulut. Berbeda halnya dengan minum, cara yang dilakukan pun cukup unik. Mereka tidak minum langsung dari sumbernya tetapi mereka membasahi ta- ngannya dan menjiltinya.

Layaknya hewan-hewan nocturnal lainnya, pada siang hari kukang beristirahat atau tidur pada cabang-cabang pohon. Bahkan ada yang membenamkan diri ke dalam tumpukan serasah tetapi hal ini sangat jarang ditemui. Satu yang unik dari kebiasaan tidur kukang yaitu posisi dimana mereka akan menggulungkan badan, kepala diletakkan diantara kedua lutut/ekstrimitasnya.

Ketika malam hari tiba, kukang mulai melakkukan aktivitasnya. Mereka bergerak dengan menggunakan 4 anggota tubuhnya, pergerakan seperti ini disebut dengan quadropedal ke segala arah baik itu peregrakan vertical ataupun horizontal (climbing). Pada hewan-hewan yang hidup di penangkaran, mereka bergerak memanjat dan mengitari kandang disebut denan aksplorasi. Tak jauh berbeda dengan kehidupannya di alam, kukang yang hidup di penangkaran pun menciumi segala sesuatu / objek yang ditemuinya serta melakukan penandaan / marking dengan urine.


Berdasarkan rekaman hasil penelitian di lapangan,diketahui bahwa kukang hidup secara soliter, walaupun di beebrapa saat ditemui adanya interaksi namun tidak lebih sebatas fase tahapan reproduksi. Masa estrus pada kukang berkisar antara 30-40 hari. Pada hewan betina, jika memasuki masa estrus maka akan lebih sering mengeluarkan suara / vokalisasi berupa siulan. Selain itu, terjadi pembengkakan pada area genitalianya. Jika jantan men dengarkan dan tertarik akan siulan betina, maka jantan kemudian mendekati betina dan me- ngadakan kopulasi. Masa kehamilan atau gestation periode selama 176 sampai 198 hari atau kurang lebih selama 6 bulan.

Status
Sejauh ini, kukang dikategorikan sebagai satwa yang rentan terhadap kepunahan (Vulnarable) berdasarkan IUCN dan termasuk ke dalam Appendix II, CITES. Walaupun demikian, namun pada kenyataannya masih banyak kukang yang didapati dipelihara bahkan diperjual belikan di pasaran. Selain itu, pembukaan lahan dan praktek illegal logging yang semakin marak juga memicu hilangnya habitat alami satwa ini. Akankah kita hanya menanti dan tetap berdiam diri untuk menyaksikan kukang yang begitu indah ini masuk ke dalam kategori Punah? Oleh karena itu, kita sebagai insan yang diberi akal dan budi pekerti dari Tuhan YME selayaknya ikut berpartisipasi dalam tindakan yang nyata guna menahan bahkan menghentikan laju pengrusakan dan perburuan keanekargaman hayati yang kita miliki, karena Konservasi itu untuk semua.

(dikutip dari berbagai sumber). By : Vina / NEF Scholarship

1 comments:

Anonymous said...

Hi friend.. Interesting post.. Nice blog work.. keep it up..
will drop by your site often.. Do find time to visit my blog and post your comments..
Have a great day.. Cheers!!!

Post a Comment